Rabu, 07 Oktober 2009

Geliat Kader di Majelis

Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah adalah suatu aktifitas yang sangat mungkin sekali bisa dilakukan untuk mencetak kader Muhammadiyah yang handal. Seperti halnya yang dilakukan oleh kader Angkatan Muda Muhammadiyah Gombong yang tergabung dalam Majelis Ahmad Dahlan (MAD). Mereka memiliki aktifitas gerakan rutin seperti, aktifitas mingguan yaitu Kajian Kitab Riyadhus Shalaikhin setiap hari Jum’at dan Kajian Kitab Fathul Majid setiap hari Sabtu. Majelis yang di pelopori oleh Ustadz Mundir Hasan S.Pd ini juga memiliki kegiatan yang bernama Muhibbah yaitu kunjungan ke tokoh Ulama dan ke tempat tertentu. Kunjungan yang telah dilakukan adalah seperti ke Pondok pesantren Darrut Tauhid di Bandung, melakukan perjalanan dari Karangbolong sampai ke Ayah dan menurut rencana mereka akan melakukan perjalanan Muhibbah dari Gombong sampai ke pantai Suwuk.Tujuan dari kegiatan ini adalah kunjungan/silaturakhim dari masjid ke masjid dengan bertemu jama’ah masjid sehingga terjalin Ukhuwah Islamiah.
Geliat Kader di Majelis
AHMAD DAHLAN Aktivitas gerakan ini ternyata telah dipelopori sejak 2 tahun yang lalu dan telah memiliki jamaah tetap sekitar 20 orang dan jama’ah tidak tetap 50 an orang. Pada bulan Ramadhan 1430 H ini mereka dengan giatnya melakukan gerakan I’tikaf di masjid khususnya 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Di dalam kegiatan I’tikaf ini disamping memperbanyak membaca Al qur’an mereka juga melakukan kajian terhadap idiologi Muhammadiyah seperti Muqodimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, kepribadian Muhammadiyah, Khittah Perjuangan Muhammadiyah dan PHIWM.
Ketika diwawancarai oleh redaksi BT, apakah tujuan atau motifasi didirikannya Majelis Ahmad Dahlan ini, Ustadz Mundir yang juga seorang Sekretaris PCM gombong ini mengatakan bahwa tujuan utama dari jama’ah ini adalah untuk meningkatkan kewalitas Ibadah Mahdhah masing-masing jama’ah sehingga nanti diharapkan bias mewujudkan insan kamil yaitu seorang Mukmin, Muslim, Muttaqin dan Muhsin. Mereka mengharapkan juga agar supaya para kader Muhammadiyah di mana saja berada untuk juga turut serta melakukan kegiatan yang sama di daerahnya masing-masing. Karena menurut mereka inilah cara efektif untuk dapat mencetak kader Muhammadiyah yang handal, khususnya menumbuhkan ruh semangat beragama dan bermuhammadiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar